Pendidikan anak usia dini
dan taman kanak-kanak merupakan sebuah pendidikan yang banyak memberikan pola
pendidikan yang dikhususkan untuk bermain dan diberikan dengan berbagai wahana
permaninan sambil sedikit materi belajar, dimana proses pembelajarannya dengan
suasana dan dalam lingkungan taman berupa wahana bermain yang bersih,
menyenangkan, aman dan nyaman sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani dan rohani anak sehingga siap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.
Sebahagian orang tua di
tempat lingkungan saya tinggal beranggapan bahwa, mereka tidak mau
menyekolahkan anaknya ke sekolah taman kanak-kanak, selain karena memang
sekolah yang tidak ada, juga memang orang tua yang tidak mau menyekolahkan
anak-anaknya ke sekolah taman kanak-kanak, berbagai asumsi di antaranya dengan
alasan yaitu ada yang beranggapan pendidikan di taman kanak-kanak kita sudah
sangat level tinggi, sudah memberikan anak-anak pekerjaan rumah dan berbagai
hafalan, yang menurut orang tua masa anak-anak umur 6 tahun kebawah tidak wajar
memberikan hal tersebut, inilah yang sering saya sendiri mendengar, namun
ternyata bukan demikian, sekolah taman kanak-kanak peruntukannya hanyalah sebuah
sekolah yang dikhususkan untuk bermain dalam bentuk taman bermain yang
dijadikan wahana dengan komposisi lebih dominan bermain daripada belajar.
beberapa orang tua tidak
menyadari betapa pentingnya pendidikan di sekolah taman kanak-kanak maupun pendidikan
anak usia dini. Padahal pendidikan sekolah taman kanak-kanak dan pendidikan
anak usia dini sangat penting bagi anak-anak yang sebenarnya sedang masa
pertumbuhan dan perkembangannya, anak-anak usia 6 tahun kebawah sangat
memerlukan edukasi yang bisa membuat mereka memahami akan lingkungannya,
misalkan mengenal hewan-hewan, mengenal warna dan mengenal huruf dan angka yang
semua kegiatan belajar tersebut dilakukan dalam bentuk permainan yang
menyenangkan dan sangat membuat anak ceria dan bahagia. dan hal ini sesuai
dengan Tujuan pendidikan taman kanak-kanak sendiri adalah untuk membantu
pertumbuhan dan pengembangan jasmani dan rohani anak.
Seorang orang tua harus
memperhatikan perkembangan anak secara psikologis, perilaku sosial anak,
tingkat kecerdasan dan ketrampilan anaknya, dan pendidikan taman kanak-kanak
adalah pilihan yang tepat untuk dapat membuat seorang anak sangat senang dan
ceria sekaligus membuat anak semakin terarah secara psikologis, sosial, dan
membuat kecerdasan dan ketrampilannya semakin terasah melalui model pendidikan
taman kanak-kanak yang sudah jelas memberikan itu semua dalam bentuk wahana
permainan.
pendidikan usia dini dan pendidikan di taman kanak-kanak secara
tidak langsung membawa dampak yang positif terhadap perkembangan anak, baik
secara jasmani dan rohani, berikut ini adalah beberapa keuntungan sisi positif
anak-anak yang mengikuti pendidikan di taman kanak-kanak di antaranya adalah :
1. Membuat anak Sehat dan
Bugar secara jasmanai Serta meransang sel-sel Motorik anak
pendidikan di sekolah taman
kanak-kanak memang utamanya adalah bermain-main, hal ini akan membuat anak
semakin sehat dan bugar sekaligus melatih dan merangsang sel-sel motorik anak.
Anak-anak yang banyak bermain sendiri akan membuat lebih kreatif disaat anak
tersebut berkembang di masa depannya. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa
gerakan bermain pada anak-anak dapat mengaktifkan daerah penting berupa sel-sel
motorik di otak sehingga mempengaruhi terhadap daya berpikir anak, dan hal ini
bagus bagi perkembangan seorang anak usia dini.
2. Melatih berkomunikasi , Kreatifitas Anak dan Kemandirian Anak
Saat anak-anak berkumpul
dalam sebuah taman selayaknya seperti sekolah taman kanak-kanak maka mereka
akan saling berkomunikasi dan setidaknya hal ini telah melatih mereka
berkomunikasi, sekaligus dengan pembimbingan dari gurunya, juga menumbuhkan
kreatifitas anak, karena di sekolah taman kanak-kanak anak bermain sambil
belajar sebagai contoh bermain kertas origami dan permainan lainnya yang
memancing kreatifitas dari seorang anak. Dan kemandirian anak juga muncul, hal
ini karena disekolah taman kanak-kanak seorang anak diajarkan bagaimana membuka
sepatu, gosok gigi, dan hal-hal sederhana lainnya, sehingga lama-lama mereka
akan terbiasa dan mandiri dengan sendirinya.
3. Merangsang Imajinasi dan
Bakat Anak
Dalam pendidikan sekolah
taman kanak-kanak ini, yang fokus bermain dengan sedikit nominasi belajar,
secara tidak langsung meransang imajinasi anak dan bakat anak, hal ini dapat
dilihat dari permainan yang mereka pilih dan minati, seperti suka melukis ataupun
suka bermain angka-angka dan permainan lainnya dan sedikit demi sedikit potensi
anak ini dapat dilihat dan guru dapat mengembangkan potensi anak sesuai minat
dan bakat yang ada pada dirinya.
itulah pentingnya pendidikan anak usia dini dan pendidikan di
sekolah taman kanak-kanak, anak yang belum menempuh pendidikan taman
kanak-kanak ini, jika kita bandingkan dengan yang ada menempuh pendidikan taman
kanak-kanak, terlihat sangat kaku dalam belajar dan cenderung pendiam dan
kurang aktif dan tidak bersosialita dengan teman-teman yang lain. Jika hal ini
dibiarkan anak akan merasa minder dan merasa kalah dengan anak-anak yang lain
dan hal ini memicu psikologis anak yang cenderung negatif, dan kadang sering
akan menjadi anak yang mengarah ke psikopat
itulah sedikit tulisan tentang bagaimana pentingnya pendidikan
sekolah anak usia dini dan pendidikan di taman kanak-kanak bagi anak-anak kita
yang usianya 6 tahun kebawah, semoga tulisan ini bisa dapat bermanfaat dan
harapan saya sahabat steemian menyukainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar